March 8, 2021 Article

Cara Mengatasi Sariawan pada Gusi dengan Cepat

Adem Sari Sejumlah area yang ada di dalam rongga mulut bisa saja terkena penyakit sariawan. Salah satunya adalah gusi, dimana efek yang ditimbulkan dari sariawan menyebabkan gusi kamu akan sedikit menderita.

Munculnya sariawan pada gusi bisa saja disebabkan oleh luka dan iritasi, sehingga jika tidak cepat diobati akan menyebabkan infeksi pada gusi. Salah satu tanda munculnya sariawan pada gusi biasanya terdapat luka dengan bentuk bulat atau oval.

Apabila digunakan untuk makan, minum dan bicara tentu saja menimbulkan rasa perih dan nyeri yang luar biasa. Berikut ini penyebab utama sariawan pada gusi dan langkah penyembuhannya.

Penyebab dan Penyembuhan Sariawan di Gusi

Munculnya sariawan pada gusi disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Cedera

Cedera yang terdapat pada rongga mulut atau gusi mampu memacu terjadinya sariawan. Luka tersebut biasanya diakibatkan karena kamu kurang hati-hati menggosok gigi. Bisa juga karena memakai gigi palsu atau kawat gigi yang kurang perawatan. Benturan yang mengenai mulut seseorang juga dapat memacu terjadinya sariawan.

  • Iritasi

Sariawan yang ada di gusi juga bisa timbul ketika jaringan gusi mengalami iritasi. Faktor mengkonsumsi makanan pedas dan terlalu asam juga menjadi salah satu indikasi awal munculnya iritasi. Tentunya kamu harus memperhatikan setiap makanan yang masuk ke dalam mulut.

  • Infeksi bakteri dan virus

Luka yang terdapat di gusi juga bisa timbul karena adanya infeksi bakteri dan virus. Seseorang yang kurang menjaga kebersihan gigi memiliki peluang terkena sariawan mengingat mulutnya dalam kondisi tidak bersih. Gejala awalnya bisa berupa gusi bengkak, bau mulut, demam dan sulit menelan makanan.

Meskipun penyakit sariawan dapat sembuh sekitar 10 sampai 14 hari, tetapi kamu juga harus memberikan perawatan agar segera sembuh. Langkah cepat yang bisa kamu lakukan untuk mengobati sariawan yang ada di area gusi antara lain:

  • Berkumur Dengan Larutan Garam

Untuk meredakan nyeri yang ditimbulkan oleh sariawan, kamu bisa berkumur dengan rutin memakai larutan garam. Garam merupakan bahan alami yang dapat mengurangi peradangan pada mulut, bibir dan gusi karena dampak sariawan. Larutkan garam pada air hangat di dalam sebuah gelas kemudian berkumurlah selama 15-30 detik.

  • Oleskan Madu

Untuk memberikan efek antiradang serta antibakteri, kamu bisa mengobati sariawan dengan mengoleskan madu ke bagian gusi yang sakit. Gunakanlah madu murni karena memiliki kandungan yang bagus untuk berbagai macam jenis penyakit.

  • Konsumsi Buah-Buahan dan Sayuran

Untuk meredakan sariawan pada gusi tentu saja kamu juga harus menambah kebutuhan nutrisi. Konsumsi buah-buahan dan sayuran karena dapat mencukupi kebutuhan vitamin B, C, zat besi, zink dan nutrisi lainnya.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan jika mengalami sariawan di area gusi. Dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk yang memicu iritasi dan kuman didalam mulut, tentu saja kamu tidak akan mudah terkena penyakit ini.

Untuk mencegah penyakit sariawan, kamu bisa minum Adem Sari Minuman serbuk yang diproduksi oleh Enesis Group ini memiliki kandungan banyak Vitamin C yang sangat bagus untuk mencegah dan meredakan sariawan akibat panas dalam. Apabila tidak kunjung sembuh silahkan berkonsultasi dengan dokter sebagai langkah penyembuhan.