March 7, 2021 Article

Ini Penyebab Batuk Darah Saat Panas Dalam

Adem Sari Batuk darah merupakan sebuah kejadian yang begitu mengkhawatirkan jika menimpa siapapun. Jika kamu masih muda dan kondisi kesehatan bagus, jangan khawatir, masalah ini bisa diatasi asalkan lebih mengenal gejala awal kenapa bisa terjadi batuk disertai dengan darah.

Saat seseorang menderita panas dalam, tenggorokan pastinya akan mengalami peradangan. Hal inilah yang memicu munculnya batuk sehingga saat kondisi batuk sudah parah maka menimbulkan infeksi. Jika tidak segera diobati, bisa saja tenggorokan terluka dan menyebabkan batuk disertai darah.

Peradangan akibat panas dalam dapat dikenali dengan beberapa gejala, antara lain:

  • Terjadinya pembengkakan pada leher dan menimbulkan nyeri di kelenjar tenggorokan.
  • Suara menjadi teredam dan serak untuk berbicara.
  • Ada sensasi nyeri dan gatal di area tenggorokan.
  • Ada bercak putih atau bernanah di bagian amandel.
  • Tenggorokan akan terasa sakit saat di gunakan untuk berbicara dan menelan makanan.

Saat ada pendarahan di area tenggorokan, maka batuk keras yang dialami penderita secara otomatis akan disertai dengan darah. Darah yang keluar saat sedang batuk berwarna merah terang, baik saat muncul bersama dahak maupun hanya saat batuk kering saja.

Indikasi dan Perawatan Batuk Darah

Meskipun batuk darah bisa diakibatkan karena seseorang sedang mengalami panas dalam, namun kamu tidak boleh mengabaikan penyakit ini. Bisa saja batuk darah muncul karena sejumlah kondisi lain, semisal : bronkiektasis, pneumonia, emboli paru, bronkitis, edema paru, gangguan pendarahan, tuberculosis atau kanker paru-paru.

Beberapa kondisi tersebut bisa jadi menjadi salah satu penyebab kamu mengalami batuk darah. Untuk memberikan perawatan saat mengalami batuk disertai darah, hal yang bisa dilakukan antara lain:

Segera Beristirahat

Untuk membuat tenggorokan istirahat sebaiknya kamu juga segera beristirahat. Dengan melakukan puasa bicara maka radang yang terjadi di tenggorokan akan lebih cepat pulih. Semua indikasi penyakit memang akan mudah reda jika fisik seseorang di istirahatkan sementara waktu.

Minum Air Hangat

Hindari minuman yang memiliki kandungan alkohol, kafein serta karbonasi. Mengingat kandungan tersebut lebih mempercepat dehidrasi dan memperparah radang tenggorokan. Silakan mengkonsumsi air putih hangat sebanyak mungkin. Karena air hangat memberikan efek bisa meredakan batuk.

Berkumur dengan Air Garam

Untuk mengurangi batuk kamu juga bisa berkumur sesering mungkin dengan memakai air garam. Takaran garam sebanyak satu sendok teh dan tuangkan ke gelas yang sudah berisi air hangat. Minumlah lebih rutin mengingat kandungan garam sangat bagus untuk meredakan batuk.

Atur Pola Hidup

Sebenarnya pemicu panas dalam yang akan menimbulkan batuk bisa terjadi karena kesalahan kamu mengatur pola hidup. Pilihlah mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak membahayakan tenggorokan. Jika mampu diterapkan tentunya kamu juga tidak akan beresiko terkena penyakit lain.

Itulah sejumlah penyebab terjadinya batuk darah ketika mungkin kamu sedang mengalami panas dalam. Untuk meredakan panas dalam, kamu bisa minum adem sari 1 sachet sebanyak 2 – 3 kali sehari. Adem sari merupakan minuman pereda panas dalam yang diproduksi oleh Enesis Group, kandungan Ekstrak Citrus Aurantifolia, Ekstrak Alyxia stellata ret. Cortex, Ekstrak Cinamommum burmanni BI cortex dan Vitamin C sangat ampuh untuk mengatasi panas dalam. Apabila sakit berlanjut, silakan mengunjungi dokter untuk melakukan konsultasi penyembuhan.