January 31, 2022 Article

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

Vegeta Herbal – Sebagian orang mungkin pernah mengalami sakit perut sebelah kanan. Perlu diketahui bahwa sakit perut sebelah kanan tidak boleh dianggap sepele. Sebab, kondisi tersebut bisa menjadi tanda atau gejala dari penyakit tertentu. Sakit perut sebelah kanan bisa disebabkan karena berbagai kondisi, baik yang ringan sampai kondisi yang serius.

Jika tidak segera mendapatkan penanganan yang sesuai, maka kondisi tersebut bisa semakin parah dan berakibat fatal. Maka dari itu, sangat penting untuk mengenali apa saja penyebab serta gejala penyakit sebelah kanan, sehingga penanganan bisa dilakukan sedini mungkin. Lalu, apa saja penyebab sakit perut sebelah kanan?

Inilah 5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

  1. Batu ginjal

Sakit perut sebelah kanan merupakan salah satu ciri utama dari penyakit batu ginjal. Rasa nyeri akibat batu ginjal biasanya muncul secara mendadak dan terasa di pinggang atau perut sebelah kanan. Rasa sakit tersebut juga seringkali menjalar sampai ke pangkal paha. Kondisi ini juga disertai dengan beberapa gejala lain, seperti mual, kram, dan muntah.

Rasa nyeri pada perut sebelah kanan akibat batu ginjal umumnya muncul dengan intensitas yang sangat parah. Hal ini membuat penderita batu ginjal seringkali berusaha mencari posisi nyaman. Tingkat rasa nyeri pada setiap penderita juga bervariasi, tergantung seberapa besar baju pada ginjal. Jika ukuran batu sudah besar atau lebih dari 7 milimeter, maka diperlukan prosedur medis untuk mengeluarkannya.

  1. Radang usus buntu (Apendisitis)

Radang usus buntu atau Apendisitis juga merupakan penyebab paling umum dari rasa nyeri di perut sebelah kanan bawah. Kondisi ini dapat terjadi ketika pada usus buntu terdapat sumbatan akibat infeksi. Hal tersebut menyebabkan usus buntu mengalami pembengkakan, sehingga menimbulkan rasa nyeri di perut bagian kanan.

Rasa nyeri akibat radang usus buntu buasanya mulai terasa pada sekitar pusar dan menjalar hingga ke perut sebelah kanan bawah. Pada penderita radang usus buntu, rasa nyari seringkali menetap dan bisa memburuk apabila bergerak atau saat perut tertekan. Kondisi ini juga memungkinkan terjadinya gejala lain, seperti mual, muntal, demam, dan kehilangan nafsu makan.

  1. Hepatitis

Sakit perut bagian kanan juga bisa menjadi pertanda seseorang mengalami penyakit hepatitis. Hepatitis sendiri terjadi saat organ liver atau hati mengalami peradangan yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyebab lain dari terjadinya hepatitis pada seseorang adalah efek samping obat-obatan, minuman beralkohol, penyakit autoimun, dan perlemakan hati.

Salah satu gejala yang timbul dari penyakit hepatitis adalah sakit perut, terutama di sebelah kanan atas. Selain itu, penderita juga mengalami gejala lain, seperti lemas, mual, muntah, kotoran berwarna pusat, nafsu makan menurun, dan urin berwarna gelap.

  1. Sembelit

Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi yang akan membuat seseorang mengalami kesulitan untuk mengeluarkan feses atau buang air besar. Sembelit bukan hanya ditandai dengan feses yang keras dan sulit keluar, namun juga terjadi pada seseorang yang jarang buang air besar.

Normalnya, orang dewasa akan buang air besar secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu. Pada penderita sembelit, mereka mungkin hanya dapat buang air besar sebanyak satu kali saja dalam seminggu. Akibat dari sembelit adalah menimbulkan rasa sakit di perut sebelah kanan. Kondisi ini bisa semakin memburuk dengan ditandai terjadinya pembengkakan pada perut, mual, dan muntah.

  1. Irritable bowel syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome (IBS) merupakan gangguan pencernaan kronis yang menyerang usus besar. Belum diketahui secara pasti apa penyebab dari kondisi ini. Namun, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi tersebut, yaitu perubahan jumlah bakteri pada usus, gangguan saraf pencernaan, dan infeksi parah.

Sindrom iritasi usus besar ini dapat dikenali dengan gejala nyeri pada perut sebelah kanan. Selain merasa nyeri perut hebat, penderita juga mungkin mengalami gejala lain, seperti sembelit, kram perut, diare, hingga perut kembung akibat terjadinya perubahan pada pergerakan usus secara drastis.

Itulah beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan. Selain lima hal tersebut, masih ada beberapa masalah kesehatan lainnya yang menyebabkan seseorang mengalami rasa sakit atau nyeri pada perut sebelah kanan. Mulai dari kanker usus besar, kista ovarium, infeksi ginjal, dll. Jika mengalami sakit perut sebelah kanan yang tidak junjung sembuh, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat.