Februari 5, 2011 Artikel

Beberapa Tempat di Rumah yang Kerap Menjadi Sarang Nyamuk

Nyamuk bisa menjadi hewan yang sangat mengganggu bagi setiap penghuni rumah. Ditambah lagi, hewan ini juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti malaria dan demam berdarah. Rumah yang bersih dan rapi pun tidak bisa menjadi jaminan penghuni rumah terhindar dari serangan nyamuk.

Serangga penghisap darah tersebut bisa bersarang di tempat mana pun di dalam rumah. Hal ini pastinya akan sangat mengganggu dan membuat rumah menjadi kurang nyaman. Untuk membuat rumah terbebas dari nyamuk, perlu dikenali tempat yang menjadi favorit nyamuk untuk bersarang dan bertelur, agar nantinya bisa dibasmi untuk meminimalisir perkembangbiakannya.

Tempat Favorit Nyamuk untuk Bersarang di Rumah

Nyamuk memiliki tempat-tempat tertentu yang menjadi favoritnya untuk bersarang. Biasanya, nyamuk suka berada pada tempat yang memiliki genangan air, kurang pencahayaan, dan juga lembap. Nah, beberapa tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Wadah penampung air

Nyamuk termasuk jenis hewan yang menyukai genangan air untuk dijadikan sarang dan tempat berkembang biak. Sedikit air saja bisa menjadi sarang nyamuk yang berbahaya bagi kesehatan. Di rumah, tentunya banyak sekali tempat yang berpotensi memiliki genangan air.

Dapat berupa genangan air yang berasal dari penampungan air, seperti bak mandi, talang air, vas bunga, penampung air AC, penampungan air lemari es, serta tempat minum hewan peliharaan. Mau pun benda-benda yang memiliki wadah dan terkena air, sehingga membentuk genangan seperti mainan anak yang terkena air hujan, alas pot tanaman, ember bekas dan wadah penampung air di dispenser.

Untuk menghindari semakin berkembangnya nyamuk, segera buang sisa-sisa genangan air di setiap benda yang berpotensi menjadi habitat nyamuk. Untuk wadah yang memang harus diisi air, usahakan untuk selalu mengganti airnya setiap hari, supaya tidak menjadi tempat berkembangnya jentik nyamuk.

2. Sudut rumah dan kolong tempat tidur

Selain genangan air, tempat lain yang menjadi favorit nyamuk adalah tempat gelap yang memiliki pencahayaan kurang. Tempat-tempat seperti itu tentu saja mudah sekali ditemukan di rumah, misalnya sudut rumah dan kolong tempat tidur. Agar tempat tersebut tidak menjadi sarang nyamuk, bersihkan area-area yang sekiranya berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk tersebut secara rutin.

3. Tumpukan barang

Bukan hanya genangan air dan tempat yang gelap, ternyata tempat yang lembap seperti tumpukan barang juga bisa jadi sarang nyamuk. Tumpukan mainan anak, tumpukan barang-barang padat dalam jumlah yang banyak, dan tumpukan barang lainnya juga berpotensi menjadi sarang kesukaan nyamuk. Sebisa mungkin, kurangi berbagai tumpukan barang yang ada di rumah agar tidak menjadi sarang nyamuk.

3. Selokan

Genangan air yang ada di selokan juga bisa menjadi tempat bersarangnya nyamuk. Agar nyamuk tidak menjadikan selokan tempat yang nyaman untuk bertelur, pastikan untuk selalu membersihkan kotoran yang menyumbat aliran air, seperti daun, ranting, dan bahkan sampah yang mengambang.

4. Tong sampah

Tong sampah yang ada di dalam atau pun di luar rumah juga bisa menjadi sarang nyamuk. Untuk menangani hal ini, jangan biarkan tong sampah berada dalam keadaan terbuka. Untuk tong sampah yang ada di luar rumah, sebaiknya buat lubang kecil di bagian bawahnya, agar air hujan bisa keluar dari tong sampah dan tidak membuat genangan air.

5. Baju yang digantung di balik pintu

Meletakkan baju dengan menggantungnya di belakang pintu sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Tanpa disadari, hal ini justru menarik perhatian nyamuk untuk hinggap di sana dan menjadikannya sebagai sarang tempat tinggal. Baju yang menumpuk di belakang pintu, akan membuat suasana yang lembap dan gelap. Tempat semacam inilah yang sangat disukai oleh nyamuk. Sebaiknya, tidak membuat tumpukan baju terlalu banyak di belakang pintu.

Itulah beberapa tempat di rumah yang kerap menjadi sarang nyamuk. Memang banyak sekali spot di rumah yang sangat disukai oleh nyamuk. Untuk itu, sangat penting untuk selalu membersihkan spot-spot yang berpotensi menjadi sarang dan tempat berkembangbiak nyamuk. Tetap jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan agar terbebas dari segala penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis nyamuk.