Januari 16, 2011 Artikel

Apakah Setelah Digigit Nyamuk DBD Langsung Demam?

Demam berdarah dengue atau lebih dikenal dengan penyakit DBD, hingga kini masih menjadi masalah kesehatan yang cukup serius di Indonesia. Pasalnya, penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Namun, biasanya penyakit ini lebih banyak memakan korban saat musim hujan tiba.

Demam berdarah merupakan penyakit yang diakibatkan oleh masuknya virus dengue ke dalam tubuh manusia. Virus dengue inilah yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti saat menggigit dan menghisap darah manusia. Setelah terinfeksi virus dengue, maka seseorang akan mengalami berbagai macam gejala penyakit DBD.

Munculnya Gejala Demam Akibat Gigitan Nyamuk DBD

Virus dengue ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti betina. Saat menggigit permukaan kulit manusia, nyamuk ini bisa memindahkan virus dengue yang ada di dalam tubuhnya. Seseorang yang terinfeksi virus dengue, maka akan mengalami demam dengue yang umumnya berlangsung sekitar 5 hari.

Demam menjadi gejala yang paling umum dialami oleh seseorang yang terinfeksi virus DBD. Mungkin banyak yang bertanya, apakah setelah digigit nyamuk DBD akan langsung demam? Jawabannya adalah tidak. Mengapa? Gejala DBD baru akan muncul setelah masa inkubasi dari virus dengue di dalam tubuh telah selesai.

Apa itu masa inkubasi virus DBD? Masa inkubasi virus dengue merupakan rentang waktu sejak nyamuk menggigit dan memasukkan virus dengue ke dalam tubuh manusia sampai orang yang terinfeksi tersebut memunculkan gejala DBD. Nah, selama masa inkubasi inilah virus dengue akan terus memperbanyak diri di dalam tubuh seseorang tersebut.

Ada beberapa pendapat terkait berapa lama waktu yang dibutuhkan selama masa inkubasi DBD. Salah satu pendapat menyatakan bahwa masa inkubasi DBD adalah selama 4 – 10 hari. Sementara itu, pendapat lain menyebutkan bahwa masa inkubasi virus DBD ini adalah sekitar 8 – 12 hari. Artinya, seseorang akan mengalami gejala DBD setelah 4 sampai 7 hari terhitung sejak pertama kali digigit oleh nyamuk Aedes aegypti.

Jadi, gejala demam akibat penyakit DBD tidak langsung muncul saat itu juga setelah digigit oleh nyamuk Aedes aegypti. Melainkan baru akan muncul setelah 4 – 7 hari terinfeksi oleh virus dengue tersebut atau paling lambat setelah 12 hari. Umumnya, penderita DBD akan mengalami demam tinggi, yaitu mencapai 40 °C.

Meski gejala demam tidak langsung muncul, tubuh seseorang yang tergigit nyamuk biasanya akan memberikan reaksi tertentu. Namun, setiap orang akan menunjukkan reaksi yang berbeda terhadap gigitan nyamuk. Beberapa reaksi yang mungkin muncul setelah digigit oleh nyamuk adalah muncul benjolan kecil berwarna merah dan biasanya disertai pula dengan rasa gatal.

Munculnya benjolan berwarna merah setelah digigit oleh nyamuk merupakan reaksi tubuh terhadap adanya protein asing yang masuk ke dalam tubuh. Tidak lain protein asing ini adalah air liur dari nyamuk itu sendiri. Karena dianggap sebagai benda asing, maka tubuh akan langsung memberikan reaksi.

Jadi, tubuh hanya akan memberikan respons berupa munculnya benjolan berwarna merah beberapa saat setelah nyamuk menggigit. Bukan langsung memunculkan reaksi demam. Demam baru terjadi setelah virus dengue hidup dan berkembangbiak di dalam tubuh. Dibutuhkan waktu sekitar 4 – 7 hari hingga virus dengue selesai berinkubasi di dalam tubuh manusia.

Setelah tubuh mengalami demam, biasanya akan disusul dengan gejala lainnya yaitu muncul ruam kemerahan. Munculnya ruam-ruam berwarna merah bersamaan dengan demam tinggi merupakan gejala khas dari penyakit DBD.

Selain muncul ruam berwarna merah, gejala lainnya juga akan muncul. Beberapa gejala yang muncul antara lain sakit kepala berat, nyeri sendi dan otot, nyeri di belakang mata, mual dan muntah, serta muncul bintik-bintik kecil berwarna kemerahan pada permukaan kulit.

Ruam merah ini biasanya muncul pada bagian wajah dan bagian dada. Kemudian, ruam ini bisa menjalar ke bagian tubuh lain, seperti kaki dan tangan. Setelah suhu tubuh mulai normal, ruam merah ini akan memudar dan berubah menjadi bekas berwarna kehitaman.

Demam berdarah adalah penyakit yang serius dan butuh penanganan medis. Jika mengalami gejala yang mirip dengan DBD, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.